Senin, 28 Oktober 2019 - 02:07:52 WIB

Pelatihan Pengolahan Ikan Untuk Wanita Nelayan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kendal mengadakan pelatihan bagi wanita nelayan tema “Peningkatan Kesejahteraan Bagi Wanita Nelayan” di Desa Gempol Sewu dan Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, pada Senin (28/10/2019).

Acara pelatihan ini dihadiri Bapak Jasmani, A.Md (Kepala seksi kenelayanan Dinas kelautan dan Perikanan Kab. Kendal), Ibu Prihatin (Dinas kesehatan Kabupaten Kendal), Ibu Anggi Laras D, S. St. Pi dan Yusi Maharlina Rahman, S. Pi (Penyuluh Perikanan Bantu Kabupaten Kendal) serta puluhan perempuan warga masyarakat sekitar.

Kepala seksi Kenelayanan Dinas kelautan dan perikanan Bapak Jasmani, A.Md dalam sambutanya mengatakan mengharapkan dengan pelatihan ini dapat menumbuhkan wirausaha baru di bidang usaha pengolahan ikan dengan menggali potensi yang ada sehingga dapat mensejahterakan dan meningkatkan pendapatan.

Dalam sesi pertama Ibu Prihatin dari Dinas Kesehatan Kab. Kendal menyampaikan Materi tentang Legalitas Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT).

“Bahwasanya setiap produk olahan yang diproduksi oleh badan usaha atau rumah tangga pengolah sebaiknya di daftarkan legalitas ijin usahanya. Bentuk legalitas usaha dari produk tersebut harus memiliki sertifikat P-IRT makanan, Sehingga produk olahan yang akan dipasarkan harus melewati berbagai tahap uji dan tes hingga produk yang dipasarkan aman untuk dikonsumsi,”Ujar beliau.

Sesi keduanya Ibu Anggi Laras Dinanta, S.St.Pi dan Yusi Maharlina Rahman, S.Pi memberikan pelatihan tentang pembuatan olahan ikan berupa Keong Ikan dan Tahu Baso ikan yang berbahan baku dari ikan tenggiri.

Mereka menjelaskan tentang Ikan tenggiri yang banyak digunakan untuk bahan baku olahan ikan karena mempunyai karakteristik daging yang enak dan bau yang khas serta banyak terdapat di daerah penangkapan ikan wilayah tersebut sehingga perlu adanya pelatihan pengolahan yang maksimal.

Ibu Reni istri dari Sekretaris Desa Gempolsewu selaku perwakilan dari wanita nelayan mengucapkan banyak terima kasih atas pelatihan pengolahan ikan pada hari ini, semoga bisa menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan tentang cara pengolahan ikan yang baik. (Reporter : Hasan/Redaksi)

 

Back